Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya



Virus merupakan hal paling berbahaya bagi pemilik gadget baik itu komputer atau laptop. efek dari komputer yang terserang virus beragam dan kondisi komputer atau laptop menjadi down atau sangat lambat sekali. kita bisa memasang anti virus untuk pencegahan namun terkadang virus bisa sangat pintar dan berbahaya.Jumlah virus juga banyak mencapai jutaan dengan efek yang berbeda-beda mulai dari ringan sampai berat. sangat tidak menyenangkan jika perangkat kita terkena virus. efeknya sangat beragam dan yang paling parah mengharuskan kita menginstall ulang laptop/computer. Berikut virus computer paling berbahaya.

1. Storm Worm
Storm Worm adalah virus yang muncul pada tahun 2006, Storm Worm ini adalah sebuah julukan yang di berikan oleh perusahaan di Finlanddia F-Secure, Strom Worm ini menyebar melalui via email dengan judul 230 dead as storm betters Europe Storm worm ini adalah sebuah program Trojan House yang dari beberapa versinya dapat membuat menjadi bots atau membuat computer menjadi mengirimkan email spam secara automatic, Worm Storm menyumbang 8% dari seluruh infeksi malware secara global.

2. Leap-A/Oompa- A
Leap-A/Oompa- A adalah virus yang menyerang system oprasi Mac Os yang mampu mengirimkan pesan ke semua kontak yang anda miliki pada iChat, virus ini masuk melalui iChat yang berformat JPEG, virus Leap-A atau Oompa- A belum cukup berbahaya tetapi pada zaman ini teryata ada orang yang mampu membuat sebuah virus yang mampu menembus sistem operasi Mac Os meskipun pada Mac Os memiliki konsep security through obscurity yang yakin akan tidak ada virus yang menembus sistemnya. Anti virus Yang digunakan.

3. Sasser virus
Sasser virus, virus ini mampu melumpuhkan system Window yang mampu dibuatnya sampai tidak bisa melakukan proses ShutDown tanpa pada sumber dayanya atau aliran listriknya di cabut, virus ini tidak menyebar melalui vvia email tetapi bila computer yang terserang virus ini ada koneksi dengan computer yang lain maka virus ini akan berjalan secara otomatis dan computer yang pertamanya tidak terserang virus ini menjadi ikut terserang. Netsky, Netsky adalah virus yang menyebar melalui via email dengan 22 Kb attachment file dan jaringan Windows, bila netsky ini menyerang akan memyebabkan pada system DOS akan mengalami eror. Sasser and Netsky ini di buat oleh seorang anak yang berumur 17 tahun yang bernama Seven Jaschan.

4. Bagle
Pertama kali diketahui pada tahun 2004, menginfeksi komputer melalui email attachment serta menggunakan email untuk menyebarkan file virusnya. Dalam menyebarkan virusnya melalui email, bagle tidak tergantung contact list pada MS Outlook. Virus ini mengumpulkan alamat email dari berbagai file dokumen pada komputer korbannya yang nantinya akan mengirimkan email yang berisi attachment virus ke alamat-alamat tersebut. Bahaya yang ditimbulkan oleh virus bagle adalah virus ini dirancang untuk membuka backdoor dimana remote user bisa memperoleh akses serta mengendalikan komputer yang terinfeksi bagle, sehingga mampu melakukan download komponen tambahan yang bisa digunakan untuk kegiatan mata-mata, pencurian informasi dan melakukan serangan DDoS ke suatu jaringan atau komputer.

5. Melissa
Virus yang dibuat oleh David L. Smith pada tahun 1999. Virus melissa menyebar melalui email yang berisi file attachment “List.Doc”. Akibat dari virus ini perusahaan besar seperti Microsoft,Intel Corp dan Alcatel-Lucent menutup email gateways mereka karena besarnya volume traffic yang dilakukan oleh virus melissa. David dikenai sangsi penjara selama 40 tahun, namun karena dia setuju bekerja sama dengan FBI untuk mencegah serangan hacker dan virus dia hanya menjalaninya selama 20 bulan dan diharuskan membayar denda sebesar $5,000.

6. VBS/Loveletter
Virus ini pertama kali menyebar di Filipina pada tahun 2000 yang dibuat oleh Onel de Guzman yang masih seorang mahasiswa. Virus ini menyebar melalui email yang berjudul “I Love You” setelah dibuka virus akan masuk di memory dan menginfeksi file-file executable. Setelah itu virus akan menyebar secara otomatis ke berbagai contact list di MS Outlook. Hanya dibutuhkan waktu sehari untuk menyebar keseluruh jaringan internet di dunia dan menginfeksi komputer pada perusahaan besar, kantor pemerintahan termasuk Pentagon. Kerusakan yang ditimbulkan mencapai milyaran dollar, kerusakan yang sesungguhnya terjadi saat proses removal virus ILOVEYOU karena harus mematikan email server dan jaringan komputer.

7. Sasser
Virus sasser dibuat oleh seorang remaja Jerman yang baru berusia 17 tahun bernama Sven Jaschan di tahun 2004. Berbeda dari virus-virus sebelumnya sasser menyebar tidak dari email tetapi melalui jaringan komputer dengan mengeksploitasi vulnerability pada Windows 200 dan Windows XP yang dikenal dengan RPC (Remaote Procedure Call) Exploit. Hal ini menyebabkan komputer yang terinfeksi tidak bisa dimatikan kecuali dengan mencabut kabel powernya.

8. Blaster
MS Blaster atau Blaster diketahui muncul pada tahun 2003 dengan mengeksploitasi celah kemanan pada Sistem Operasi Windows XP dan Windows 2000. setelah komputer terinfeksi oleh virus Blaster maka akan memunculkan message box yang memberitahu bahwa komputer akan di shut down dalam beberapa menit. Virus ini juga diprogram untuk melakukan serangan DDoS ke server yang dijalankan oleh Microsoft pada bulan April 2003. Alasan begitu besarnya kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh virus-virus komputer tersebut adalah kebanyakan orang tidak menyadari atau mengetahui ancaman semacam itu dan tidak melindungi komputer atau jaringan mereka terhadap bahaya virus komputer.

9. Raider.vbs
Virus jenis VBScript ini berukuran sekitar 10.000 bytes, jika file virus dibuka dengan Notepad misalnya, maka tidak banyak string yang boleh dibaca karena dalam keadaan ter-enkripsi. Pada Registry, ia pun memberikan pengenal dengan membuat key baru di HKLM\Software dengan nama sama seperti nama pada computer name, dengan isinya berupa string value seperti nama virus tersebut, Raider, serta tanggal komputer tersebut kali pertama terinfeksi.


Sumber:http://www.geschool.net/1215428/blog/post/teknologi-jenis-virus-komputer-paling-berbahaya